Kamis, 30 Januari 2014

kenapa harus pacaran??

kenapa sih kita harus pacaran? wow, kayaknya rada sulit menjelaskan bagaimana menjawab pertanyaan yang satu ini. apakah emang mesti, kudu ngelakuinnyakah, wajib gitu, harus apa, dan banyak lagi alasan mengapa hal ini sepertinya sayang untuk dilewatkan.

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia, kecintaan kepada apa-apa yang diingini; yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. itulah kesenangan hidup di dunia." (QS. Ali Imran(3):14)
dari kutipan di atas, jelas banget kalo Tuhan sudah memberikan sebuah kehidupan yang teramat sangat baik. termasuk di dalamnya juga menjelaskan soal seks. eitsss, jangan ngeres dulu yah. tapi, bukankah ada memang ada hubungannya antara pacaran dan seks? telaah sendiri deh.. :P
Sigmund Freud, seorang tokoh psikoanalisisyang mengembangkan teori dan metode terapi psikologis, mengatakan bahwa semua perilaku manusia dilatarbelakangi oleh naluri seks. mau itu makan, berjalan, tidur, pokoknya kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-harinya. tapi tenang dulu, jangan langsung berpikiran negatif dulu. bukankah semua orang berhak mengeluarkan pendapatnya?
oke, biar bahasannya ngga menyimpang kemana-mana, kita fokus lagi. meskipun membahas seks bukan masalah nafsu atau keturunana semata, tapi juga ternyata terkait dalam hubungan kehidupan sosial kita, termasuk yang namanya PACARAN!
udah tadi membahas soal seks, rasanya bakalan tambah ruwet jika hal itu dikolaborasikan dengan yang namanya drugs! waduh, bukankah itu dua sejoli yang sangat edun? cuma buat diketahui aja, saat remaja tengah kecanduan dengan dua hal tadi, banyak hal yang akan dilakukannya tanpa kesadaran alias di laur kendali. bahkan yang namanya free sex, itu lumrah terjadi. OMG! horornya... nah, makanya, supaya hal itu ngga terjadi sama kita-kita, jangan pernah-pernah untuk mencoba mendekati hal tersebut. dibilang melarang kayaknya sadis amat, tapi ya semua tergantung ke kalian lagi. kan udah pada gede nih, pasti bisa dong memilih mana yang baik dan aman yang buruk? soalnya gini nih, sob, kalo kalian masih aja tetep menjalankan kegiatan yang nyeleneh itu, ada beberapa dampak psikologis yang besar yang akan kamu alami, seperti:
1. perasaan berdosa
bohong banget kalo sampe perasaan ini ngga mampir dalam hati kamu. apalagi buat yang baru pertama kali melakukannya. rasanya tuh kita kayak dikejar-kejar dosa mulu. bikin hidup ngga tenang. apa aja yang mau dilakukan rasanya tambah serba salah. kacau banget deh!
2. sensitif
selain perasaan bersalah terhadap apa yang uah dilakuin, kita juga bisa berubah jadi orang yang super sensi. gampang tersinggung dan mudah banget meledak. padahal tuh, pas lagi nongkrong bareng, belum tetntu juga temen kita lagi ngomongin soal kita, tapi karena merasa terpojokkan, eh kita malah marah-marah ngga jelas. duh, kalo ada temen kita yang tiba-tiba bersikap aneh gitu, kayaknya patut juga buat dicurigai. hehehe...
3. kecanduan
as drugs as sex! ngga ada bedanya, sama aja! percaya deh, mungkin secara fisik kita ngga bakalan berbeda dengan yang lain, tapi, siapa yang tau dengan alam pikiran kita. karena yang ada di dalamnya cuma pengen kesituuuuu.. aja. yah, ngerti kan?! apalagi yang udah punya pacar, jangan-jangan... no comment lebih lanjut ah..!
4. konsentrasi turun , prestasi anjlok
walah-walah... sayang amat sih teman! udah pontang-panting tunggat-tunggit belajar dari sekian lama, masa iya kamu sedemikian rela semua macam prestasi yang kau raih hanya kerana hal yang ngga penting itu? ckckck... sungguh sangat disayangkan, bukan kamu aja yang bakalan ngerasa kecewa berat, tapi juga orang-orang yang ada disekeliling kamu, terutama orang tua kalian. coba deh bayangkan, betapa sakit dan hancurnya perasaan mereka waktu tau prestasi kamu turun cuma hanya karena hal yang paling tidak penting untuk dialami pada seusia kamu saat ini, drugs and sex! awas, kualat loh..!
5. kriminal
nah ini! ini yang paling "meraja" diantara yang lainnya. soalnya, kalo seseorang udah dalam keadaan kepepet, semua hal bakal dia lakuin, meskipun itu memiliki resiko yang sanagt besar dan membahayakan. ngga perduli deh mereka, yang penting apa yang di kehendaki bisa tercapai. ngga aneh lagi kan kalo pas kita lagi nonton tv, suka ada berita kriminal yang isinya dimana seorang remaja didapati tengah mencuri atau menjambret di pasar. terus pas diinterogasi polisi, alasannya cuma karena tuh uang hasil jambretan buat beli narkoba. ya elah, duitnya dapet sih, tapi badan malah masuk penjara. apes banget ngga tuh. makanya, sekali lagi sob, be carefull with drugs and sex!
wow, banyak hal yang bisa terjadi kalo kita udah terjerumus pada kegiatan pacaran apalagi plus nge-drugs! untuk itu, biar kita-kita tetep aman dalam menjalani kehidupan remaja ini, ada beberapa tips yang bisa kita lakuin supaya hidup kita tetep "sehat-sehat" aja.
- kalo kamu punya sodara laki/perempuan (pokoknya beda jenis kelamin) jangan mau deh bobok sama-sama lagi. lagian kan udah pada gede tuh, masa iya ngintil mulu berduaan? emangnya mau apa privasi kalian selalu diketahui meskipun itu sama sodara sendiri? ga kan? nah makanya, minta sama ortu kamu untuk menyiapkan kamar masing-masing buat kalian. biar ngga gabung lagi. jadi, kita bisa mengatur privasi kita secara aman.
- budayakan rasa malu di keluarga walaupun dengan kakak atau adek kandung yang berlawanan jenis, apalagi sama orang lain!
- sekedar saran nih, soalnya yang satu ini ngga bisa dipaksain juga. buat yang cewek khususnya, coba dong untuk lebih bisa memilih dalam berpakaian. yah, istilahnya tuh tutuplah aurat kalian. masa iya sih kalian pede aja pake baju yang tipis, super ketat atau transparan gitu keluar rumah? coba bayangin deh tubuh kamu yang telanjang sedang jalan-jalan ke muka umum, malu ga sih tuh????
- buat yang cowok juga, tolong dong jangan jelalatan, jaga matanya napa? beri penghargaan sama kaum cewek dengan tidak jahil buat nyuitin atau jahil sama mereka dalam bentuk apapun! kalo sodara perempuan kamu atau bahkan ibumu digituin, emangnya kalian terima mereka diperlakukan seperti itu?
- satu hal yang paling penting, jangan pernah untuk mencoba menggunakan narkoba! karena itu adalah pemicu utama terjadinya free sex! jangan takut deh dibilang kuper cuma gara-gara ngga ikutan kehidupan 'gaul' yang nyeleneh itu. stay cool aja men..
balik lagi ke bahasan utama soal pacaran. lumrah kalo seseorang merasakan cinta. emang itu udah dianugerahi dari Tuhan buat kita semuanya. dan cinta itu datang ngga milih-milih tempat ataupun sasarannya. bisa aja seseorang jatuh cinta karena tampilan fisiknya, atau kagum sama kepribadiannya. banyak alasannya deh. tapi, pada ngerti ngga sih gimana prosesnya?
> firts sight love
cinta pandangan pertama. dari mata turun ke hati, abis itu jadian deh... ya elah, gampang amat yak? tapi jangan salah, banyak juga kok yang ngalaminnya. terus, apa kamu juga termasuk salah satunya?
> persahabatan
yup, jangan sampe terjebak cinta dalam persahabatan. kayak lagunya Zigaz tuh, sahabat jadi cinta. awalnya cuma temenan, terus karena merasa satu visi satu misi, naik level jadi sahabat, eh karena lama-lama merasa cocok, naik pangkat jadi pacaran. hayooo ngaku...! ada kan yang pernah mengalaminya??!!
> prestasi
hemm, kayaknya kalo untuk alasan yang satu ini bisa dibilang 1:1000 deh1 abis emang jarang banget ada yang beralasan kalo dia jatuh cinta karena some one bagus banget prestasinya. atau karena brain-nya, atau bla... blaaa... prestasinya. okeh, kalo emang ada yang jatuh cinta karena alasan prestasi, boleh dong share di sini.
> peran pihak ketiga (dicomblangin)
bisa jadi karena malu-malu --tapi mau-- kita minta tolong sama temen ato siapa aja buat ngedeketin target cinta. ato bisa jadi emang udah dijodohin sama ortu masing-masing. kalo cara yang kedua ini sih, biasanya pasti ada pro dan kontranya. tapi tenang aja, untung pihak ketiganya masih berwujud manusia, kalo wujudnya udah beda, setan gitu pihak ketiganya, gimana coba?? kabuuuuurrrrr.....
> peran media
media komunikasi sekarang ini kan udah canggih banget. ngga cuma lewat surat-suratan aja, tapi juga bisa telponan, SMS-an, ato chat di internet, semua itu bisa kita lakuin buat mendapatkan pacar. karena emang kenyataannya, itu biasa terjadi sama remaja masa kini. dari yang cuma alasannya salah kirim SMS lah, dan berjuta alasan lainnya, terus tumbuh benih-benih cinta dan akhirnya jadian deh...!
> peristiwa tak terduga
udah kayak di pilem-pilem aja nih. cuma karena ditolongin di muka umum gara-gara kepeleset dijalan, terus ada yang nyelamatin. akhirnya malah jatuh cinta dan berlanjut pacaran. walah.. segampang itukah?
> PDKT
pendekatan ato yang biasa disingkat jadi PDKT sama anak sekarang, merupakan salah satu proses yang udah ngga aneh lagi dilakuin. apa yang doi suka, kita juga bakalan menyukainya. meskipun itu sebenarnya bertentangan sama hati, tapi tetep aja bakalan berusaha untuk mengambil empati dari si dia. kadang-kadang, ngga tanggung-tanggung, cuma karena alasan biar dia bisa jadi PACAR, orang-orang yang lagi PDKT bisa memutar balikkan fakta yang ada. kayak lagunya Dewa tuh, aku bisa membuatmu.. jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta... kepadaku... beri sedikit waktu agar cinta datang karena telah terbiasa... widiiiihhh.. maksa amat, mas?!
> jadian
aha, setelah perjalanan panjang untuk mendapatkan perhatian si dis, akhirnya, dia pun luluh di tangan kamu. apalagi sih ujung perjalannya kalo bukan buat jadian? rasanya tuh seisi dunia merah jambu semua. abisnya, lagi ada yang berbung-bunga sih! dan dengan bangganya pula memploklamirkan ke semua orang bahwa... aku pacarnya si A loh..., eh dia cewek aku..., atau model lainnya lah! dan aktivitas yang biasa jadi serasa luar biasa kalo udah bareng dia. duuuiiillleeeee....!!!
heh... ternyata ga segampang apa yang dibayangkan. emang rumit untuk bisa mendefinisikan apa makna dari pacaran dan apa juga alasannya harus pacaran. kalo cuma buat biar lebih enjoy bisa bilang: i love you, kenapa ngga ungkapin ke ortu aja. dan itu bisa membuat mereka bangga kepada anaknya, bahwa mereka emang patut juga kok untuk dicintai. serius, pusing 7 keliling kalo harus membicarakan pacaran, cinta dan segala tetek-bengeknya.
ya okelah, masing-masing udah punya 'jiwa' sendiri. tergantung bagaimana kita me-manage-nya.
enjoy with your life... make it always happy.. and don't forget to smile... see u... :D

dikutip dengan pengubahan seperlunya dari buku: Kenapa harus jatuh cinta, karya: Robi'ah Al-Adawiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nama
email
komen